• MA MIFTAHUNNAJAH SLEMAN
  • Qur'ani, Saintis, Berwawasan Lingkungan --- Never Ending To Grow---
  • ma.miftahunnajahsleman@gmail.com
  • 089508304238 / 0895392685122
  • RSS
  • Pencarian

Cerita Izza Ul Haque, Siswa X MIPA A yang Sudah Percaya Diri Menjadi Khotiib Jumat

Membawakan tema memuliakan para ulama, Jumat, 14 Oktober 2022, Izza Ul haque tampak percaya diri menyampaikan khotbah Jumat di Masjid Al Akbar Wonorejo, Sardonoharjo, Ngaglik Sleman. 

Ia tertarik menyampaikan tema tersebut dikarenakan rasa cintanya kepada para ulama, serta terngiang banyaknya para ulama yang wafat lantaran wabah covid 19 beberapa waktu melanda negeri. Ia teringat Syaikh Ali Jaber, Ust Mu'inudinillah, termasuk pengasuh sekaligus pendiri ponpes Modern Miftahunnajah, KH Didik Purwodarsono. 

Dikesempatannya bisa menyampaikan ilmu dihadapan para jama'ah, ia berharap semakin banyak masyarakat atau jama'ah yang bisa diajak bersama-sama mencintai, memuliakan, dan menjaga ulama. "..Kan jika banyak ulama wafat, maka itu tanda tercerabutnya ilmu, " ungkapnya. 

Ia mendapatkan amanah menjadi Khotiib Jumat dari kepala Madrasah karena dinilai memiliki skill komunikasi yang baik dan juga mampu membawakan materi secara sistematis.

Saat dijumpai disela halaqoh Jumat malam, dengan penuh semangat dan rasa bangga Izza bercerita tentang dirinya hingga akhirnya beberapa kali diberi amanah menyampaikan pidato ataupun khotbah Jumat.

"Ada kebanggaan, karena yang lebih senior kakak tingkat dan lebih hebat penyampaiannya banyak," terangnya.

Awalnya ia mulai perdana berlatih menjadi khotiib adalah kelas 9 MTs di pondok Miftahunnajah. Ia diwajibkan mengikuti ujian pelajaran diniyah yakni khitobah (pidato). Bersama rekannya, Bintang, kepercayaan dirinya mulai terbangun. "Awalnya ujian pondok ada materi khotbah, kita (Izza dan Bintang) di tes kemampuan pidatonya di mushola pondok di hadapan sekitar 50 an santri dan para ustadz, " terangnya. 

Ia mengaku nervous/grogi, karena hal itu baru pertama kali dan pengalaman baru yang dilakukannya sejak kecil. "Deg-degan walaupun di hadapan sesama santri," lanjutnya sembari senyum mengingat-ingat peristiwa itu. 

Dengan adanya program ini di jenjang aliyah, ia mengaku senang dan bangga karena kemampuan berkomunikasi para santri bisa terus di asah dan juga sebagai bentuk aktualisasi diri bagi para santri.

Tercatat Izza tampil selama di pesantren sudah tiga kali. Yakni menjadi siswa terpilih menyampaikan pidato perwakilan wisudawan saat acara Akhirussanah tingkat MTs, dan 2 kali menjadi khotib jumat yakni 1 kali di masjid Jami' Miftahunnajah, dan 1 kali di Masjid Al Akbar. 

Ia masih teringat materi perdananya saat menjadi Khotiib di masjid Jami' Miftahunnajah adalah menyampaikan 4 sifat manusia dalam kuadran matematika. Meskipun sudah pernah, jika di tempat dan suasana yang baru rasa grogi selalu muncul, meskipun saat ini ia sudah mampu mengendalikan.

"Kesan pesan pertama masih nervous karena berhadapan dgn masyarakat. Ada rasa bangga, karena saya masih baru, banyak senior lebih bagus dari saya.." ungkapnya. 

"Apalagi saat pidato Akhirussanah, ga bawa teks, semua dengar, suara lantang, kaki jadi gemetar.." ceritanya mengalir sambil tersenyum mengingat-ingat peristiwa yang sudah berlalu 1 tahun lalu itu. 

Saat ini skill Izza sudah cukup terasah. Melalui program-program yang sudah ada, Izza bisa terus mengasah kemampuan berkomunikasi, mental, dan juga memperdalam konten materi yang disampaikan. Beberapa program yang diajarkan di pesantren misalnya pembekalan public speaking, praktik pidato/ khitobah setiap malam Ahad, kultum selepas sholat, menjadi MC atau moderator acara-acara OSIS, penceramah tarawih dan kultum ramadhan,  dan banyak lagi. 

Santri kelahiran Ngemplak, Caturharjo, Sleman, Sleman, 10 April 2007 ini juga berbagi tips agar ketika menyampaikan khotbah atau berpidato bisa lancar. 

"Khotbah biasanya nyrimpet. Alhamdulillah saya lancar".

"Biasanya ngomongnya kecepetan, kedua belum menguasai teksnya, dan mulutnya dibuka, jangan pelit-pelit", jelasnya. 

Izza melanjutkan, pengalaman dan ilmu ini ia dapatkan saat duduk di pondok MTs-nya. Ia belajar dari dua sosok guru yang ia anggap berperan besar dalam kemampuan berpidatonya. Pertama dari kakak kelasnya Akrom Faiz dan kedua dari Musyrifnya Ustadz Sa'ad. 

"Belajar dari kakak kelas waktu MTs... Ada 2 orang Arqom Faiz dan musyrif Ustadz Sa'ad"

"Kak Faiz tekniknya, ust Saad lebih ke arah motivasi biar PDnya.." sambung pria berbadan bongsor ini. 

Ke depan, ia berharap semakin banyak orang yang masuk pesantren ini, karena menurutnya kelak para pemuda adalah generasi penerus yang akan menggantikan para pemimpin sekarang. Di pesantren skill yang diperlukan semua tersedia termasuk bekal menjadi seorang pemimpin. 

"Santri sangat pantas menjadi seorang pemimpin. Jadi keunggulan santri, siapapun dia berpotensi jadi pemimpin, karena di pondok itu mandiri dan bersosialisasi. Semoga lulusan MTs dan MA Miftahunnajah kelak menjadi para pemimpin yg amanah," harapnya. 

Komentar

Masya Allah bagus

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Master Of Art: Sukses! Pelatihan dan Talkshow Membatik Jumput Bersama Ibu Misdawati, Pemilik Owner Batik Grosir Jogja

Pada hari Kamis, 23 Mei 2024, telah dilaksanakan acara pelatihan dan talkshow yang mengangkat seni membatik dengan tema "Membatik Jumput" di Jogja. Acara yang

25/05/2024 10:37 - Oleh Administrator - Dilihat 60 kali
Amanat Kepala Madrasah, Momentum Halal bi Halal Santri-Asatidz MA MN awal kedatangan santri pasca liburan

1. Ucapan selamat berhari raya, selamat lebaran, maaf lahir batin, taqabalallahuminna waminkum. Taqabbal yaa kariim yaa Allah..  2. Selamat yang sudah berbiruul walidain. Sudah me

02/05/2024 23:05 - Oleh Administrator - Dilihat 79 kali
Santri MA Miftahunnajah Sleman Meriahkan Halal Bihalal Tahun 1445 H

Sleman, 22 April 2024 - Suasana hangat dan penuh keceriaan memenuhi halaman Madrasah Aliyah (MA) Miftahunnajah Sleman pada hari Senin, 22 April 2024. Ribuan santri dari berbagai penjuru

02/05/2024 23:02 - Oleh Administrator - Dilihat 72 kali
MA Miftahunnajah Sleman Terus Berkibar di Bidang Riset dan Akademis

MA Miftahunnajah Sleman, sebuah institusi pendidikan yang terletak di Wonorejo, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D. I. Yogyakarta, terus menunjukkan eksistensinya di dunia riset dan akade

19/04/2024 22:54 - Oleh Administrator - Dilihat 183 kali
BSMI Bersinergi dengan MA Miftahunnajah: Kolaborasi Dampingi Kesehatan Santri

Pada hari Jumat, 29 Maret 2024, suasana haru dan antusias menyelimuti MA Miftahunnajah, ketika Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menyatakan komitmennya untuk berkolaborasi dalam mendam

19/04/2024 04:24 - Oleh Administrator - Dilihat 179 kali
Praktik Mengajar Aktualisasi Visi Pendidikan Masa Depan MA Miftahunnajah

  Pada hari Selasa, 5 Maret 2024, MA Miftahunnajah menyelenggarakan asesmen madrasah berupa praktik mengajar bagi siswa kelas XII. Sebanyak 41 siswa dari berbagai kelas turut sert

07/03/2024 21:28 - Oleh Administrator - Dilihat 120 kali
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PSB GELOMBANG II TP 2024/2025

Berikut ini kami sampaikan pengumuman hasil seleksi penerimaan santri baru (PSB) Pondok Pesantren Modern Miftahunnajah Yogykarta Tingkat Aliyah Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengumuman PS

05/03/2024 05:30 - Oleh Administrator - Dilihat 383 kali
Pelantikan Dewan Ambalan Diponegoro 12-125 dan Laksamana Malahayati 12-126 Pangkalan MA Miftahunnajah Menyemarakkan Aktualisasi Prestasi Siswa

Pada hari Sabtu, 17 Februari 2024, Pangkalan MA Miftahunnajah menyaksikan momen bersejarah dengan pelantikan Dewan Ambalan Diponegoro 12-125 dan Laksamana Malaha

25/02/2024 00:06 - Oleh Administrator - Dilihat 94 kali
Pelatihan Keterampilan Wirausaha Boga Bersama MA Miftahunnajah dan Fakultas Teknik UNY

Pada hari Kamis, tanggal 15 Februari 2024, sebuah kolaborasi yang menjanjikan antara Madrasah Aliyah (MA) Miftahunnajah dan Fakultas Teknik (FT) Universitas Nege

20/02/2024 00:05 - Oleh Administrator - Dilihat 99 kali
MA Miftahunnajah Sleman Gelar Outing Class Kunjungi Industri UMKM

Pada hari Selasa, MA Miftahunnajah Sleman menyelenggarakan kegiatan Outing Class dengan tema Kunjungan Industri UMKM. Kegiatan yang dipimpin oleh Ustadz Brigade

17/02/2024 10:54 - Oleh Administrator - Dilihat 96 kali